photo 1798095_10200699501448464_1171711221_n_zpsmnk0iyem.jpg

Dikutip dari: http://www.baikdanbenar.com

Bagaimana kita mendistorsi data dan informasi yang ada.
Apakah anda berpikir persepsi anda tidak terpengaruh oleh pikiran anda?
Apakah anda percaya bahwa anda melihat sesuatu dengan sebagaimana mestinya?

Jika anda memiliki keyakinan seperti di atas ini saatnya berfikir ulang. Bertentangan dengan keyakinan umum sebenarnya kita tidak melihat sesuatu dengan sebagaimana adanya tapi kita hanya menafsirkan apa yang kita lihat sesuai dengan sistem kepercayaan kita.

Selama proses ‘modifikasi’ dari interpretasi ini : penghapusan dan distorsi data yang terjadi sedemikian rupa bisa menyebabkan informasi yang disimpan di dalam pikiran seseorang menjadi benar-benar berbeda dari kenyataan.
hal yang mempengaruhi persepsi
Jadi bagaimana keyakinan dan concern anda mempengaruhi persepsi anda?
Berikut adalah beberapa contoh ‘modifikasi’ data yang terjadi saat keyakinan kita memproses informasi :
  • Memilih Fakta : Mengambil atau membuang fakta tertentu
Kalau anda misalnya takut dengan kucing atau anda berpikir bahwa kucing adalah jahat maka kemungkinan besar pikiran anda akan membuang bukti apapun yang menunjukkan bahwa kucing mungkin sebaliknya dari yang anda pikirkan. Jika misalnya anda melihat seseorang bermain dengan kucing kesayangannya maka kemungkinan besar anda akan melupakan apa yang anda lihat tersebut segera setelah hal itu berlalu dari pandangan anda. Dengan kata lain kita menghapus data yang kita tidak ingin percaya hanya karena itu tidak cocok dengan sistem kepercayaan internal ( Apa yang sudah diyakini ).

Hal ini juga bisa berlaku sebaliknya, yaitu jika kita sudah meyakini sesuatu dengan cara tertentu atau kita ingin melihat sesuatu terjadi dengan cara tertentu maka disaat apa yang kita lihat tidak sesuai dengan itu, kita akan ‘membelokkan’ hal tersebut supaya menjadi sesuai dengan keinginan kita.

Pointnya disini adalah apakah sebuah fakta akan kita ambil atau kita buang tergantung dari keyakinan atau keinginan kita. Jika fakta tersebut sesuai keinginan atau menguatkan apa yang diyakini maka fakta tersebut kita ambil. Sebaliknya jika fakta tersebut tidak sesuai keinginan atau tidak menguatkan apa yang diyakini maka fakta tersebut akan kita buang.
  • Melihat apa yang tidak ada
Banyak wanita yang takut kucing menjadi takut ketika mereka melihat benda yang terlihat seperti kucing hanya untuk mendapati bahwa itu ternyata tas atau benda yang lain. Ketika anda menjadi concern tentang sesuatu, karena anda takut atau karena alasan lain, maka kemungkinan besar anda akan melihat hal itu bahkan jika itu tidak ada. Apakah anda tahu ada orang yang melihat hantu sebelumnya? Tanyakan padanya apakah dia takut hantu atau tidak dan anda akan menemukan bahwa hanya orang yang pernah melihat hantu yang akan takut pada hantu.
  • Membelokkan fakta untuk memenuhi Ego
Dari setiap pemikiran atau keyakinan yang kita miliki, beberapa dari itu akan menyerang ego atau ‘memberi makan’ ego. Hal-hal yang menyerang ego membuat kita merasa buruk, hal-hal yang memuaskan ego membuat kita memiliki perasaan terpenuhi. Jika entah bagaimana fakta yang kita dapati tidak memuaskan ego, kecenderungannya kita akan ‘membelokkan’ fakta tersebut supaya menjadi sesuai dengan apa yang menjadi keinginan dari ego (Self Fulfillment). Kebanyakan tidak menyadari hal ini termasuk tidak menyadari kecenderungan untuk selalu mencari apa yang disebut sebagai “Ego Feeder”. Selalu mencari dan mengambil hal-hal yang memuaskan ego dan membuang semua yang tidak sejalan dengan ego. Darisitu akan terjadi upaya untuk ‘membentuk’ kenyataan yang sesuai dengan keinginan dari ego.

Dengan mengetahui dan menyadari beberapa hal di atas, setidaknya kita memahami proses terbentuknya persepsi dan juga keyakinan kita. Jadi dengan memahami distorsi dari hal-hal yang kita lihat, kita bisa mulai melatih untuk menginterupsi proses distorsi dari persepsi tersebut.

Sumber :
Dirangkum dari Confirmation Bias .
http://www.baikdanbenar.com/bagaimana-keyakinan-dan-concern-anda-mempengaruhi-persepsi-anda.html

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

 
Lensa @ kesadaran © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger Shared by Themes24x7
Top