photo 1798095_10200699501448464_1171711221_n_zpsmnk0iyem.jpg

 (gambar:nyomot dari gugel)
"Selamat tinggal masa lalu aku kan melangkah Maafkanlah segala yang pernah ku lakukan pada mu"  (Five Minutes - Selamat Tinggal)

 Memaaafkan masa lalu atau minta maaf pada masa lalu?

Emang apaan sih masa lalu hah?

Kata masa lalu memiliki makna yang berbeda-beda bagi setiap orang. Bagi sebagian orang, masa lalu identik dengan kenangan manis yang indah dan patut untuk dikenang. Namun bagi beberapa orang yang lain, masa lalu adalah sebuah kenangan buruk yang penuh dengan tragedi, kesalahan dan dosa yang ingin mereka lupakan. Masa lalu merupakan bagian dari diri kita yang tidak akan pernah bisa kita ubah. (katmut.com)

kalo kita lihat dri perspektif yg berbeda, masa lalu itu luas maknanya bisa berarti mantan dalam penggalan lirik diatas tapi dilihat dari sudut pandang yg luas masa lalu itu bisa berupa pengalaman atau apapun yang pernah terjadi pada saat itu. siapa yg berperan? yaitu diri kita masing2 dan org2 disektar kita semua manusia tak ada yang sempurna masing2 memiliki kekurangan dan kelebihannya.






nah gimana kalo masa lalu yang gga enak, yang menyebalkan?Tentang minta maaf dan memaafkan

Terkadang kita melakukan kesalahan, kebodohan,khilaf,dosa serta perbuatan yang merugikan diri kita sendiri dan orang lain bahkan secara yang tidak disadari. Bukan hanya kesalahan diri kita, pada orang lain begitu pun sebaliknya kesalahan orang lain terhadap kita kadang ada perlakuan orang lain terhadap kita yang bikin gga enak hati atau kadang kita yang malah melakukan kesalahan terhadap orang lain yang bikin kita ga enak hati sama dia.Termasuk juga sikap pada orang tua dalam cara mendidik kita yang salah karena ketidak tahuannya dan juga kesalahan kita terhadapnya.

Cobalah tuk memaafkannya meng ikhlas kan apa yg telah terjadi entah itu permasalahan, cobaan, ketidak beruntungan yg menimpa diri dan keterpurukan toh tuhan punya maksud tersendiri mengapa itu terjadi pada saat itu entah karena dosa2, kesalahan yang kita lakukan dan dengan itu kita di tegur untuk sadar dan diberi pelajaran dengan itu.

kenangan,ingatan itu masih memunculkan emosi? masih ada?
Kenangan buruknya menimbulkan emosi negatif? engga enak ya?

Jangan di tahan2 jangan di pendam2 karena itu emosi negatif yg berbahaya seperti rasa marah,kesal, dendam,kekeceewaan yang mendalam akan menjadi "sampah2 emosi" yang justru malah menimbulkan trauma2 masa lalu yang akan terbawa terus sampai saat ini bahkan psikosomatis.
Lakukanlah relaksasi, curhat pada orang yang tepat itu bisa dilakukan.

Lepaskan ikhlaskan dan serahkan kepadaNYa, Semuanya itu Dari Tuhan Dan Akan Kembali KepadanNYA bukan hanya sebuah kebahagiaan atau kenikmatan tapi juga sebuah penderitaan dan justru disitulah Tuhan Sedang Mengajarkan Kita Untuk Berserah Diri.

Dan Jangan Lupa Juga yaa.. berterima kasihlah terhadap masa lalu mu, karena kesulitan,problematika juga bisa jadi pelajaran kan yaahh.., pelajaran itu dibungkus dalam kondis masalah, problem dan lainnya yang kadang membuat kita lelah, capek..tapi semua itu intinya itu adalah suatu hikmah yang positif.. membuat kita lebih sadar akan kehidupan dan hidup menjadi lebih bermakna..

Sudah saatnya kita ubah kebiasaan kita, pola pikir,pola hidup kita teruslah melangkah jangan patah semangat dalam menjalani kehidupan ini

masa lalu yaa.. masalahlu bukan masalah gue hehehe.. yang bisa mengatasinya hanyalah diri lu sendiri, udah seharusnya kita bersyukur karna udah ngelewatin berbagai hal sampe saat ini walaopun banyak kenangan baik atau buruk semua itu merupakan hikmah yang bisa kita pelajari untuk kehidupan lebih baik kedepannya :D
(agung 2017)

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

 
Lensa @ kesadaran © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger Shared by Themes24x7
Top